Pelatih Liquid ECHO, Coach Tictac, mengakui bahwa tim-tim dari region lain telah mengalami perkembangan pesat yang terlihat jelas di gelaran MSC 2024. Meski demikian, dirinya juga merasa yakin bahwa perkembangan tersebut tidak akan mengancam dominasi tim-tim MPL PH di turnamen internasional.

Di sepanjang gelaran MSC 2024, ada beberapa anomali yang terjadi. Ada banyak hal-hal yang sebelumnya di luar prediksi banyak pihak, terutama gugurnya EVOS Glory dan Fnatic ONIC di fase grup.

EVOS Glory, EVOS Glory di MSC 2024, MSC 2024, MLBB, Mobile Legends
Kredit: Esports World Cup

Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh perkembangan yang terjadi dari tim-tim yang berasal dari region yang sebelumnya tidak terlalu dipandang. Contoh terbesarnya ada pada keperkasaan dua wakil Malaysia serta performa luar biasa dari wakil Kamboja dan Singapura yang sebelumnya sering kali dipandang sebelah mata.

Belum lagi jika membahas wakil China sejak fase wildcard, di mana permainan tim dari region yang baru mulai memainkan MLBB ini sudah jauh berkembang ketimbang sebelumnya, meski belum bisa berbicara banyak di MSC 2024.

Mobile Legends, MPL China
Kredit: ONE Esports

Melihat perkembangan ini, Coach Tictac membenarkan hal tersebut setelah sukses mengantarkan Liquid ECHO melangkah ke semifinal MSC 2024 usai mengalahkan Falcons Esports dengan skor 3-1, Rabu (10/7).

“Saya merasa bahwa saat ini di beberapa region telah terjadi perkembangan yang cukup pesat, terutama dalam hal micro skill. Hal ini juga sedikit banyak disebabkan oleh hadirnya beberapa player impor di dalam tim mereka,” kata Coach Tictac kepada ONE Esports.

BERITA ESPORTS MSC 2024 LAINNYA
Harapan Udil terkait scene MLBB Indonesia dan Malaysia
Alucard muncul di MSC 2024! Ternyata bukan kesengajaan
Pesan KB untuk tim-tim MPL ID di turnamen internasional: Ubah mindset!

Alasan pelatih Liquid ECHO yakin tim-tim MPL PH tidak takut dengan perkembangan region lain

Mobile Legends, MLBB, M4
Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Bagi tim-tim unggulan yang biasanya berasal dari MPL PH dan MPL ID, perkembangan pesat yang terjadi di region lain ini tentu saja bisa menjadi ancaman. Hal ini sudah terbukti dengan gugurnya EVOS Glory dan Fnatic ONIC dengan sangat cepat di MSC 2024.

Fnatic ONIC siap tempur di MSC 2024
Sumber: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Meski demikian, Coach Tictac mengaku bahwa Liquid ECHO dan tim-tim MPL PH tidak merasa terancam dengan hal tersebut. Tidak hanya karena memiliki gameplay dan mekanik tinggi, tetapi hal ini juga disebabkan hal lain yang dipandang sebagai modal berharga bagi mereka untuk menghadapinya.

“Hal yang membuat kami (tim-tim MPL PH) percaya diri akan tetap menjadi nomor satu di MLBB karena kami memiliki mentalitas yang kuat,” tutur Coach Tictac kepada ONE Esports.

Menarik untuk dinantikan seperti apa perkembangan tim-tim dari region lain di scene MLBB dan seperti apa perjalanan tim-tim MPL PH, terutama Liquid ECHO dan Falcons AP.BREN sebagai tim yang pernah meraih gelar juara dunia.

Ikuti akun resmi ONE Esports di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: Jadwal playoff MSC 2024, format, hasil dan cara menonton