Caster/analis yang ikut memandu jalannya pertandingan MSC 2024 secara langsung di Riyadh, Mochammad Ryan “KB” Batistuta, memberikan pesan kepada tim-tim MPL ID untuk turnamen internasional resmi Moonton berikutnya. Pesan yang disampaikan ada kaitannya dengan mindset.

MSC 2024 menjadi tamparan terbesar bagi MLBB Indonesia setelah tidak ada satu pun dari dua wakil MPL ID yang lolos ke babak knockout alias playoff. Hal ini menjadi sajarah baru yang kelam untuk dijadikan pelajaran.

Jadwal playoff MSC 2024, MSC 2024, MLBB, Mobile Legends
Kredit: Esports World Cup

Pasalnya sebagai wakil MPL ID, tim-tim yang datang ke turnamen internasional resmi dari Moonton adalah yang terbaik di Indonesia dan datang dengan misi untuk menjadi juara. Tentu saja hasil ini jauh dari harapan, bahkan tidak ada yang menyangka akan terjadi.

Meski demikian menurut KB, hal-hal seperti ini bukan sesuatu yang mustahil untuk terjadi. Apalagi saat ini tim-tim di luar Indonesia dan Filipina telah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan.

BERITA TERKAIT
Jadwal MSC 2024, format, hasil dan cara menonton
FlapTzy ungkap masalah tim Indonesia tak lolos playoff MSC 2024
Dominasi PH! 17 dari 23 tim di MSC 2024 diperkuat orang Filipina

KB minta tim-tim MPL ID mulai ubah mindset di turnamen internasional

KB, prediksi juara M4
Sumber: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Melihat fenomena ini, KB meminta untuk siapa pun tim-tim MPL ID yang nantinya akan menjadi wakil di turnamen internasional berikutnya untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah terjadi di MSC 2024. Salah satu caranya adalah dengan mengubah mindset.

Dalam hal ini, mindset yang dimaksud KB adalah berhenti untuk berpikir bahwa MLBB hanya milik Indonesia dan Filipina. Jika pemikiran ini masih tetap dibawa ke turnamen internasional berikutnya, bukan tidak mungkin hal serupa akan kembali terjadi.

Mobile Legends, MLBB, M6 World Championship
Kredit: Moonton

“Mungkin pewakilan MPL ID di MSC tidak menyangka kalau semua region sudah berkembang dan mengejar mereka, seperti Malaysia, Kamboja, atau Turki,” kata KB kepada ONE Esports.

“Ke depannya, mungkin mereka harus bisa memperbaiki kembali mindset mereka agar lebih siap dengan turnamen yang akan datang. Karena kalau tidak berbenah, lalu masih terbang dengan mindset yang sama dengan berpikir bahwa MLBB hanya milik ID atau PH, ujung-ujungnya kita akan selalu dikalahkan oleh region yang diam-diam berkembang pesat.”

“Semoga beruntung untuk semua tim ke depannya. Semoga kalian bisa lebih baik dari ini, karena ini adalah yang terburuk sepanjang sejarah perwakilan MPL ID di level internasional resmi MLBB,” tuturnya.

Mobile Legends, Jonathan Liandi

Ikuti akun resmi ONE Esports di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: Jadwal playoff MSC 2024, format, hasil dan cara menonton