Attack on Titan Season 4 Part 2 menjadi anime paling ditunggu semua pencinta anime di dunia. Setelah franchise anime dan manga ini berjalan cukup lama, akhir dari kisah akan segera diketahui.

Series ini akan mengungkapkan simpulan konflik antara relawan anti-Marleyan dan penduduk paradis.

Inilah segala hal yang harus kalian ketahui tentang anime Attack on Titan Season 4, termasuk tanggal rilis, rekap, status manganya.

Apa itu Attack on Titan?

Attack on Titan adalah manga series fantasi buatan Hajime Isayama. Animasi studio Mappa menjadi yang memproduksi adaptasi animenya untuk season 4 dan final season nanti.

AoT mengisahkan tiga pemeran utama Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert yang tinggal di negara paling tembok. Tiga tembok Sina, Rose, dan Maria dibuat untuk memproteksi penduduk dari makhluk raksasa yang disebut Titan.

Credit:

Sudah hidup damai dalam ribuan tahun, Colossus Titan tiba-tiba menembus tembok kota tempat tinggal trio di atas yakni Shiganshina dan membuat titan-titan kecil memporak-porandakan kota.

Melihat ibunya dimakan Titan, Eren memiliki dendam untuk menghabisi makhluk tersebut dan bergabung dengan Survey Corps, sekumpulan tentara yang bertugas melawan dan mengobservasi titan di luar tembok. Ia pun dibantu Mikasa dan Armin.

Tanggal rilis anime Attack on Titan Season 4 Part 2

Situs resmi Attack on Titan sudah mengonfirmasi bahwa Attack on Titan Season 4 Part 2 akan hadir pada 9 Januari 2022 pukul 11.05 malam GMT +8.

Part 1 sudah disiarkan sejak 7 Desember 2020 sampai episode 75, 29 Maret 2021.

Rekap cerita sebelum Attack on Titan Season 4 Part 2 (SPOILER)

Pada episode terakhir season 4 part 1, tempat kejadian ada di kampung halaman Eren yakni Shiganshina setelah konflik Liberia. Eren akan segera bergabung dengan saudaranya, Zeye Yeager, untuk menyempurnakan rencana terkait titan.

Kedua saudara ini diadopsi terpisah dari latar keluarga berbeda, karena itu Eren adalah Yeagerists dan Zeke Anti Marleyan.

Meski sempat tertangkap oleh Levi Ackerman lewat tancapan thunder spear, Zeke masih bisa selamat dan ditolong Titan lainnya.

Credit: MAPPA

Sebagai salah satu sukarelawan, Yelena memiliki agenda untuk menaruh cairan tulang belakang Zeke pada wine orang-orang Eldian. Jika diminum, orang akan bisa berubah menjadi titan.

Yelena mengungkapkan rencananya kepada beberapa survey corps dan membuat Armin dan Mikasa kebingungan dengan keputusan Eren.

Menengok tentara Marleyan masih sangat mengancam, Eren meminta Gabi dan Pieck untuk bekerja sama dengannya karena kedua bocah ini juga Eldian. Pieck membawa Eren ke rooftop hanya untuk diserang Porco Gaillard yang merupakan Jaw Titan.

Reiner Braun as the Armored Titan in Attack on Titan Season 4 Part 2 trailer
Credit: MAPPA

Sampai akhirnya sinyal keberadaan Eren terdengar pesawat Marleyan dan Reiner siap bertarung dengan mantan sahabatnya itu.

Status manga

Manga Attack on Titan sudah merilis edisi terakhirnya 9 April lalu dan tamat.

Manga ini menghabiskan waktu 11 tahun publikasi dengan 139 chapter yang dibagi menjadi 34 volume.

BACA JUGA: Karakter anime terkuat? Inilah 5 kandidat paling layak