Heechul Super Junior dikenal sebagai seseorang yang memiliki banyak talenta di dunia entertainment. Dia adalah seorang penyanyi, penulis lagu, pembawa acara, model, aktor, TV personality, dan YouTuber. Di atas segalanya, dia adalah seorang gamer.

Heechul adalah salah satu idola K-pop papan atas yang sangat terbuka tentang kecintaannya kepada game dan esports. Baru-baru ini, ia berhasil memenuhi mimpinya untuk bisa makan bersama pemain profesional League of Legends legendaris dari T1, Lee “Faker” Sang-hyeok.

Heechul Super Junior, Faker

Secara gamblang, Heechul sangat mengagumi kepribadian dan kemampuan bermain Faker, dan ia jadi semakin respect kepada idolanya tersebut setelah berjumpa untuk kali pertama. Selama makan bersama, salah satu topik yang mereka diskusikan adalah video game di masa kecil.

Bagaimana Heechul bermain game? Judul game apa yang dia mainkan saat tumbuh dewasa? Dalam wawancara dengan ONE Esports, ia mengungkapkan kisah lengkap di balik asal-usul menjadi seorang gamer.


Gaming selalu menjadi bagian dari kehidupan Heechul Super Junior

Zemmix console manufactured by Daewoo in South Korea, model CPC-50B
Kredit: MSX org

“Ini adalah hobi tertua yang saya miliki, dan selalu saya nikmati dengan penuh rasa senang,” kata Heechul kepada ONE Esports.

Memori paling awal yang Heechul Super Junior miliki tentang game adalah ketika dia berusia sekitar delapan tahun atau saat ia masih duduk di sekolah dasar. Dia ingat pernah mengunjungi rumah teman, di mana mereka bermain konsol bersama-sama.

“Saya yakin konsolnya adalah ‘Zemmix’ dan game-nya disebut ‘MSX Knightmare’!” kenang Heechul.

MSX Knightmare adalah game upward scroller dari Konami yang tersedia di Zemmix, konsol eksklusif yang hanya dijual di Korea Selatan pada 1980-1990-an, diproduksi oleh mantan konglomerasi Korea Selatan, Daewoo.

Screenshot of MSX Knightmare at level one
Kredit: Youtube/World of Longplays, screenshot by Amanda Tan/ONE Esports

Para gamer dikenal sangat kompetitif dalam bermain, dan Heechul Super Junior pun tidak berbeda dengan kita semua. Ada satu kenangan masa kecil yang akan selalu dia ingat dan melibatkan game Nintendo, Ice Climber.

“Saya terus memanjat dengan cepat, sementara teman saya kesulitan. Kami berjuang keras untuk itu. Saya pikir itu adalah pertama kalinya dalam hidup, saya bertengkar karena game,” ujar Heechul.



Hubungan Heechul Super Junior dengan game saat ini

Heechul Super Junior, League of Legends, Wish MV
Screenshot by Kristine Tuting/ONE Esports

Dalam beberapa tahun terakhir, Heechul menghabiskan waktunya bermain League of Legends, World of Warcraft, Street Fighter, dan Animal Crossing: New Horizons. Dia juga merupakan bagian dari kampanye promosi untuk game seluler, “Undefeated in the East” (Dong Fang Bu Bai) pada 2020.

Heechul mengakui bahwa dia sangat menikmati memainkan game itu, sehingga dia terus memainkannya setelah kontraknya berakhir. “Saya menghabiskan seluruh penghasilan sebagai model ke dalam game dalam sekali jalan. Saya suka MMORPG seperti Lineage, dan menjadi pemain top di server saya,” kata Heechul.

Meskipun ia telah menginvestasikan waktunya untuk memainkan berbagai judul game, tetapi ada satu permainan yang paling dia sukai.

“Aku sudah mencoba berbagai permainan. Saya masih menyukai League of Legends. Ini adalah game terbaik untuk mendapatkan stres dan melepaskan stres,” ucap Heechul.

“Akan sangat bagus ketika Anda memiliki jadwal yang sibuk, tetapi masih dapat menikmatinya dengan mencuri-curi bermain satu atau dua pertandingan. Meskipun saya mengalami kekalahan di permainan itu, saya akan terus mengantri sampai menang, tentu saja,” tuturnya.

Jika demikian kisah Heechul Super Junior bersama game sejak kanak-kanak, lalu seperti apa kisah kalian? Semua orang memiliki kisahnya masing-masing dan akan terus dikenang sepanjang hayat.

BACA JUGA: Bleach Thousand Year Blood War, akhir dari perjalanan dua dekade