Kontorol adalah hal penting di hampir setiap game, termasuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Untuk mempermudah para player melakukan kontrol game, Moonton telah menyediakan banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginan plplayer.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan masing-masing jenis pengaturan kontrol Mobile Legends. Kami juga bakal menimbang nilai plus dan negatif dari tiga mode aim kontrol, kemudian membandingkannya satu sama lain. Memahami pengaturan dasar seperti ini bisa memberikan keunggulan kompetitif yang akan membantu kalian menjadi pemain yang lebih baik.

Jenis pengaturan kontrol Mobile Legends


Metode Penargetan


1. Free Aim


pengaturan aim kontrol Mobile Legends
Screenshot oleh Alfa Rizki/ONE Esports

Free Aim adalah pengaturan aim kontrol Mobile Legends pertama yang digunakan setelah menginstal game. Karena pada umumnya pemain pemula memiliki sedikit pemahaman tentang mekanisme permainan, metode aim sederhana yang tidak memerlukan banyak usaha dari penggunanya akan sangat cocok untuk mereka.

Free Aim hanya memiliki satu tombol: tombol serangan. Setelah ditekan, pemain akan langsung menyerang target yang diprioritaskan. Jika ada hero musuh di dekatnya, maka prioritas otomatis berpindah ke hero tersebut.

Karena metode membidik ini dimaksudkan untuk pemula, metode ini memiliki kelemahan yaitu kurangnya kebebasan dan fleksibilitas. Misalnya, seorang pemain yang hanya ingin farm minion, menyerang tower, atau membunuh creep, terpaksa menyerang hero lawan jika hero tersebut ada di dekatnya. Dibandingkan dengan metode aiming lainnya, Free Aim hanya ideal untuk melatih pemain baru.


2. Advanced Aim


pengaturan aim kontrol Mobile Legends
Screenshot oleh Alfa Rizki/ONE Esports

Advanced Aim digunakan oleh sebagian besar pemain menengah dan profesional. Metode aiming ini memberikan kontrol yang lebih luas namun tidak terlalu rumit. Oleh karena itu, metode Advanced Aim adalah metode yang paling umum digunakan.

Saat menggunakan pengaturan aim kontrol Mobile Legends ini, dua tombol tambahan akan ditempatkan di sisi kiri dan kanan tombol serangan. Tombol-tombol tersebut adalah Tombol Attack Minion dan Tombol Attack Turret. Seperti namanya, menekan tombol tersebut akan membuat pemain menyerang jenis target secara khusus, terlepas apakah ada hero musuh di dekatnya atau tidak. Dengan penambahan opsi ini, kalian bakal memiliki pilihan untuk menyerang unit apa pun yang diinginkan.

Metode membidik ini tidak memiliki kelemahan yang mencolok. Advancced Aim juga tidak sulit untuk digunakan karena menyajikan pengaturan yang seimbang dalam fungsionalitas dan kompleksitas. Mungkin satu-satunya masalah yang bisa kalian temui adalah metode ini tidak memberi pemain kemampuan memilih target secara spesifik. Misalkan, ketika ada tiga minion yang bisa diserang, pemain tidak bisa secara spesifik memilih minion mana yang jadi target utama.


3. Lock-on Aim


pengaturan aim kontrol Mobile Legends
Screenshot oleh Alfa Rizki/ONE Esports

Lock-on Aim adalah pengaturan aim kontrol Mobile Legends yang paling canggih. Digunakan oleh beberapa pemain profesional yang menginginkan lebih banyak kontrol dalam aim, ini jelas merupakan metode memakan waktu lama untuk dikuasai.

Keuntungan nyata dari Lock-on Aim adalah memungkinkan pemain untuk tidak hanya memilih jenis unit yang ingin mereka serang, tetapi juga unit spesifik tertentu. Dengan Lock-on Aim, pemain dapat memilih dengan tepat minion dan unit hero mana yang akan diserang. Setup ini menggunakan layout yang sama dengan metode Advanced Aim, kecuali Attack Turret Button yang diganti dengan Attack Hero Button. Dengan menekan tombol-tombol ini berulang kali, indikator akan berpindah dari minion ke minion atau dari hero ke hero. Setelah indikator berada di atas unit tertentu yang diinginkan, Anda dapat menekan tombol serangan untuk menyerang.

Dalam pertandingan profesional atau ranked match tingkat atas, yang membedakan tim pemenang dari yang kalah adalah eksploitasi detail terkecil. Minion memang tetap memberikan gold ketika mereka mati meski pemain tidak melakukan serangan akhir, tapi menjatuhkan minion dengan serangan terakhir sebenarnya memberikan gold yang lebih tinggi. Di late game, ketika keuntungan kecil ini telah terakumulasi, itu dapat menciptakan kesenjangan yang besar dalam networth dan tentunya bakal mempengaruhi hasil akhir pertandingan.



Prioritas Target (Targeting Priority)

Pengaturan Kontrol MLBB 3
Kredit: Moonton

Fitur ini akan mengatur prioritas target saat kalian melakukan auto attack atau menggunakan skill dengan di-tap. Ketika tidak ada target khusus yang dituju, sistem akan memilih prioritas target secara otomatis sesuai preferensi kalian. Target bisa saja menjadi hero dengan “persentase HP terendah”, jumlah “HP terendah”, atau “lawan terdekat”.


Mode Kontrol Lanjutan (Advanced Control Mode)

1. Hero Lock

Akan muncul avatar hero lawan di dekat tombol skill yang bisa kalian pilih untuk mengunci target. Jika digunakan, maka hero kalian akan terus menyerang pada target yang sudah ditentukan.

2. Penargetan Cerdas Skill (Skill Smart Targeting)

Dengan ini kalian bisa melakukan Tap dan Drag tombol skill menuju target yang ingin kalian kunci. Fitur ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan targeting dalam pertarungan krusial.

3. Penargetan Cerdas Basic Attack/Basic Attack Smart Targeting

Sama seperti fitur sebelumnya, hanya saja ini berlaku untuk Basic Attack, bukan skill.

4. Pergeseran Kamera (Camera Shift)

Jika diaktifkan, kamera akan bergeser ke arah skill dituju. Fitur ini bakal muncul ketika kalian menggunakan skill yang memiliki jarak jangkauan jauh seperti Abyssal Arrow dari Selena atau Battle Spell Flame Shot.


Pengaturan Upgrade Skill dan Pembelian Item (Skill Level-Up dan Build Purchase Setting)

Pengaturan Kontrol MLBB 3
Kredit: Moonton

Ini berguna saat kalian ingin sistem melakukan upgrade skill atau pembelian item secara otomatis. Jeda waktu juga bisa ditentukan, dengan batas maksimal 30 detik. Dengan kata lain, upgrade skill dan pembelian item otomatis akan terjadi setelah kalian tidak melakukannya secara manual dalam waktu 30 detik.


Pembatalan Skill (Cast Cancelling)

Pengaturan Kontrol MLBB 3
Kredit: Moonton

Bagian ini mengatur cara player membatalkan penggunaan skill. Untuk saat ini, ada dua opsi tersedia. Yaitu dengan melakukan drag skill pada tombol pembatalan yang berada di atas skill dan dengan melakukan drag ke luar batas yang ditentukan.

Itu dia penjelasan lengkap tentang pengaturan kontrol Mobile Legends. Ikuti ONE Esports di Facebook untuk berita, panduan, dan highlight MLBB lainnya.

BACA JUGA: Tutorial dan build item Yin roamer ala REKT