Sama seperti game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) lainnya, untuk menonton esports Mobile Legends bisa cukup sulit untuk dipahami, terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan permainan tersebut, bahkan bagi mereka yang telah memainkan Mobile Legends di mode Classic atau Ranked.

Sebagai MOBA, Mobile Legends menghadirkan pertarungan 5v5 di medan pertempuran bernama Land of Dawn. Lima pemain dari setiap tim akan memilih seorang hero dengan kemampuan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tim dan keahlian individu dalam mengendalikannya.

Map Mobile Legends: Bang Bang
Kredit: Moonton

Tujuan masing-masing tim dalam permainan ini adalah untuk menghancurkan base (Crystal) yang berada di markas lawan di ujung map yang berlawanan dengan timnya. Tim yang yang berhasil menghancurkan Crystal lawannya adalah pemenang pertandingan.

Kredit: Moonton

Namun sebelum bisa mengancurkan Crystal milik lawan, ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh setiap tim, seperti menjatuhkan minion, monster netral, turret, turtle, lord, dan tentunya hero lawan untuk memudahkan mereka meraih kemenangan.

Dalam mencapai Crystal lawan, ada tiga jalur (lane) yang bisa dilintasi oleh setiap pemain, di mana pada setiap lane tersebut dilapisi oleh tiga turret bernama outer, inner, dan base turret yang harus dihancurkan secara berurutan.

Kredit: Moonton

Di sisi lain, ada banyak hal lainnya juga yang perlu dipahami dari permainan ini, seperti moster netral. Ada beberapa jenis moster yang tersedia di jungle (hutan) yang bisa dijatuhkan oleh setiap pemain yang masing-masing menghedirkan bonus gold, EXP, hingga yang menghadirkan buff yang nanti akan di bahas dalam naskah ini.

Kredit: Moonton

Wilayah kekuasaan antara tim Biru dan Merah dalam permainan dibatasi oleh sungai yang melintang secara diagonal di tengah map. Pada awalnya, tim Merah dan Biru mengontrol sisi map mereka masing-masing, tetapi jangkauan kendali map mereka akan berubah, terutama setelah ada turret yang hancur.

Saat permainan dimulai, gelombang minion akan muncul dari setiap base dan saling bertemu di setiap jalur. Mereka memiliki atribut serangan dan pertahanan standar mereka sendiri, serta akan secara otomatis saling menyerang satu sama lain, termasuk hero dan turret lawan. Turret juga akan secara otomatis menyerang minion yang berada di dalam jangkauannya, dan memprioritaskan serangan kepada pemilik HP bar terkecil.

Selain gelombang minion pertama di awal permainan, moster netral juga akan hadir secara bersamaan. Pemain akan menyebar ke seluruh map untuk membunuh minion lawan dan merayap ke dalam hutan untuk mendapatkan moster netral tersebut demi mempercepat naik level dan bonus gold yang membuat hal ini menjadi sangat penting.

Saat permainan berlangsung dan level mereka meningkat, setiap hero akan mendapatkan akses ke lebih banyak ke skill yang dimiliki. Dengan lebih banyak gold, setiap pemain juga bisa mendapatkan item-item penunjang untuk membuatnya memiliki damage lebih besar, pertahanan lebih tebal, movement speed lebih tinggi, hingga hal-hal lain seperti Immortality dan Lifesteal yang tentu merupakan pembahasan lebih spesifik lagi.


Draft Pick

Di scene kompetitif, setiap pertandingan akan dimulai dengan draft pick, di mana setiap tim dapat melakukan ban dan memilih hero yang masih tersedia sesuai dengan strategi tim. Hal ini juga sudah bisa dirasakan oleh para pemain sejak mencapai tier Epic di dalam game.

Dalam fase ini, setiap tim dapat menyingkirkan tiga hero untuk tidak dipilih oleh siapa pun dan memilih lima hero tersedia yang akan mereka gunakan.

Screenshot by Amanda Tan/ONE Esports

Identitas dari tiga hero yang di-ban oleh satu tim akan muncul di bagian pojok atas secara horizontal. Sementara hero-hero yang dipilih oleh setiap tim akan muncul berbaris di setiap sisi secara vertikal seperti yang tertera pada gambar berikut ini.

Pada setiap fase melakukan ban atau pick hero akan dibatasi oleh penghitung waktu mundur. Setiap tim akan bergiliran melarang atau memilih hero, baik berdasarkan strategi tim mau pun sebagai counter dari pilihan tim lawan.

Jika berkaca pada gambar di atas, Rex Regum Qeon (RRQ) Hoshi yang berada di sisi sebelah kiri, alias Tim Biru, memiliki keuntungan tersendiri karena mereka mendapat kesempatan pertama dalam memilih hero setelah fase ban awal rampung. Dalam hal ini, hero Esmeralda yang digunakan oleh Xin menjadi pilihan pertama RRQ Hoshi dalam pertandingan pertama grand final MPL Invitational 4 Nation Cup menghadapi Resurgence.

Kredit: Moonton

Meski RRQ Hoshi memiliki keunggulan untuk bisa memilih hero pertama, Resurgence yang berada di sisi sebelah kanan, alias Tim Merah, juga memiliki keungulan tersendiri karena mereka dapat menentukan hero terakhir, baik untuk menyempurnakan streategi tim mau pun sebagai counter dari hero-hero pilihan RRQ Hoshi.

Setelah semua hero dipilih, setiap tim masih dapat mengubah atau menentukan pemain mana yang menggunakan karakter apa yang disesuaikan dengan role dan kemampuan setiap player. Pasalnya dalam permainan MOBA, setiap pemain biasanya memiliki role-nya masing-masing, seperti tank, support, fighter, mage, atau carry, dan akan memainkan hero berdasarkan perannya masing-masing.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam pemilihan draf adalah Battle Spells yang ditampilkan sebagai ikon bulat di sebelah foto dari masing-masing hero. Saat ini ada 12 spell unik untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya bermain.

Battle Spell yang paling umum dipilih adalah Flicker, diwakili oleh ikon kuning seperti yang dipilih empat dari lima para pemain RRQ Hoshi di gambar di atas. Battle Spell Flicker ini membuat penggunanya dapat melakukan teleportasi jarak pendek secara kilat, baik untuk mengejar lawan mau pun kabur. Karena setiap Battle Spell memiliki cooldown-nya masing-masing, setiap pemain jadi cenderung berhati-hati dalam menggunakannya.


Membaca HUD dan formasi

Setelah permainan dimulai, setiap tim akan keluar dari markas mereka dan berpencar ke setiap jalur berdasarkan strategi yang mereka rencanakan. Hal ini disebut “pembagian lane”.

Dari sana juga kita bisa melihat formasi yang digunakan oleh setiap tim. Pada pertandingan RRQ Hoshi vs Resurgence, kedua tim saling menggunakan formasi 1-3-1 atau satu pemain di jalur atas, tiga di tengah, dan satu di jalur bawah.

Seiring berjalannya waktu, formasi ini akan mudah berubah, tergantung dari situasi dan kondisi yang terjadi di map, jalur rotasi lawan, atau setiap kesempatan yang hadir selama pertandingan. Selain itu META dan patch yang hadir juga dapat mengubah hal ini.

Selama pertandingan, kamera akan berfokus pada aksi utama yang terjadi. Sementara mini map di pojok kiri atas memberikan gambaran umum tentang apa yang sedang terjadi di seluruh map.

Paralel dengan pemilihan konsep, Tim Biru diposisikan di sebelah kiri atau bergerak dari bawah ke atas, sementara Tim Merah dari atas ke bawah. Untuk membedakan keduanya, Anda dapat melihat warna dari HP bar setiap pemain atau nama pemain yang menggunakan masing-masing hero.

Sementara untuk membaca Head-Up Display (HUD) di bagian atas terdapat papan skor. Di bagian tengahnya terdapat durasi permainan. Melalui HUD tersebut Anda juga dapat melihat skor kill di samping durasi pertandingan, perolehan gold dengan logo “$”, jumlah turret dengan logo “benteng catur” dan lord dengan logo “topeng”. Selain itu Anda juga dapat melihat jumlah game yang telah berhasil dimenangi setiap tim pada slot bar yang tersedia di samping masing-masing nama tim.

Saat game pertama berakhir, penonton dapat dengan jelas melihat bahwa RRQ Hoshi memimpin dalam skor kill (16-11), perbandingan net worth alias gold (36.829-31.454), jumlah turret (6-3), dan jumlah Lord yang didapat (1-0).

Sementara HUD bagian kedua di esports Mobilke Legends adalah info pemain yang berada di bagian kiri dan kanan layar. Dari HUD tersebut Anda dapat melihat siapa yang menggunakan hero tertentu, sekaligus jumlah kill, death, dan assist (K/D/A) dalam sebuah permainan.

Selain itu, HUD ini juga menampilkan hal lain seperti HP bar setiap pemain, emblem yang digunakan, hingga cooldown Battle Spell, dan ketersediaan skill Ultimate yang ditandai dengan titik hijau yang menempel di ikon hero sebelah kanan. Jika melihat gambar di atas, hanya ly4ly4ly4 yang memiliki ultimate-nya.

Ketika seorang hero dijatuhkan lawan, ikon heronya akan digelapkan dan menampilkan waktu hitung mundur sebagai penanda kapan hero tersebut akan kembali bangkit (respawn). Jika kembali mengacu kepada gambar di atas, SyиC yang menggunakan hero Uranus harus menunggu 31 detik lagi untuk bisa kembali bermain.


Objektif utama

Ada alasan strategis dibalik pembagian lane, yang tidak hanya terkait dengan kemampuan hero, tetapi juga bagaimana tim ingin mengontrol sisi map mereka. Monster netral hadir di kedua sisi secara adil yang membuat setiap tim memiliki akses yang sama mudahnya untuk mendapatkan moster netral tersebut.

Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, sejauh mana sebuah tim memiliki kendali terhadap map membuat mereka bisa semakin banyak mendapatkan objektif yang ingin didapatkan.

Meskipun setiap monster netral memberikan keuntungan yang berbeda, ada dua jenis yang paling penting, yaitu Serpent dan Fiend. Monster ini sangat penting, terutama bagi hero-hero core untuk mendapatkan Buff Biru dan Merah yang akan berdampak langsung kepada kemampuannya.

Buff Biru dapat memberikan pemain yang menjatuhkannya kemampuan dalam regenerasi mana atau mengurangi mana cost serta menurunkan cooldown selama dua menit. Sementara pemain mendapatkan Buff Merah atau Fiend, akan memiliki damage ekstra dan efek slow kepada musuh yang terkena.

Selain Serpent dan Fiend, ada dua lagi monster netral yan gdapat menghadirkan keuntungan tersendiri bagi sang pemain mau pun tim, yaitu Cryoturtle dan Lord. Saking pentingnya, sering kali kedua tim yang bertanding bertempur memperebutkan moster ini hingga tak jarang menjadi game changer.

Di game permainan, Cryoturtle baru akan hadir setelah permainan berlangsung selama tiga menit. Tim yang mengamankan Turtle ini akan mendapatkan bonus emas, sedangkan hero yang melakukan last hit kepadanya akan mendapat buff defensif.

Setelah tujuh menit, Sanctuary Lord lah yang akan muncul. Moster ini menjadi salah satu objektif paling diperebutkan dalam dalam game. Pasalnya, bagi setiap tim yang berhasil menjatuhkannya, Lord akan secara otomatis respawn dan bertarung bersama tim yang menjatuhkannya untuk menekan tim lawan. Selain itu Lord juga memberi buff kepada kekuatan para minion.


Papan skor pasca pertandingan

Di semua game, baik di klien MLBB atau pertandingan profesional, papan skor pasca-pertandingan akan muncul untuk menghadirkan informasi secara langkap dari pertandingan tersebut. Angka terbesar di bagian atas menunjukkan jumlah total kill yang didapat tim.

Berdasarkan gambar di atas menunjukkan bahwa RRQ Hoshi mendapatkan 19 kill, sedangkan Resurgence hanya 11. Skor K/D/A setiap individu juga ditampilkan, di samping level hero mereka.

Informasi tambahan datang dalam bentuk raihan gold serta item-item apa saja yang dibeli oleh setiap pemain yang disajikan dalam bentuk ikon yang baris secara horizontal.

Medali dengan skor yang hadir di setiap pemain juga menunjukkan kinerja setiap pemain berdasarkan sistem in-game melalui K/D/A, gold yang diperoleh, damage yang dihadirkan, dan kriteria lainnya.

Pada gambar di atas juga menunjukkan bahwa XIN yang menggunakan Esmeralda menjadi MVP pada game tersebut. Sedangkan ly4ly4ly4 juga memiliki label MVP untuk menunjukkan bahwa dia lah pemain terbaik dari timnya, meski kalah.

BACA JUGA: Jadwal MPL ID S10, klasemen, format, hasil, dan cara menonton