Laga El Clasico MLBB antara EVOS Legends vs RRQ Hoshi adalah salah satu pertandingan terbesar dan paling menarik minat untuk ditonton. Hal ini kembali dibuktikan melalui data, hingga menjadi pertandingan paling banyak disaksikan di dunia sepanjang Maret 2022.

Gelaran MPL ID S9 dimulai pada 18 Februari 2022. Hal inipun menjadi penanda dimulainya kembali scene kompetitif tertinggi MLBB pasca-M3 World Championship.

Sebagai salah satu kompetitif MLBB paling populer di dunia, MPL ID S9 memiliki magnet tersendiri bagi penggemar di seluruh dunia. Terlebih dengan hadirnya laga El Clasico di dalamnya, membuat ajang ini kembali menjadi yang paling populer di dunia.

Mobile Legends, RRQ Hoshi, EVOS Legends, El Clasico, MPL ID S9
Kredit: ONE Esports

Lagi dan lagi, laga El Clasico MLBB di MPL ID S9 ini sukses mendapatkan banyak perhatian. Pertemuan pertama kedua tim yang terjadi di week 3 pada Sabtu, 5 Maret 2022, sukses menjadi pertandingan esports paling banyak ditonton di dunia sepanjang bulan yang sama.

Berdasarkan data dari Esports Charts, pertandingan antara EVOS Legends vs RRQ Hoshi ini sukses mendapatkan Peak Viewers alias puncak penonton terbanyak dalam waktu bersamaan sebesar 1.737.485 orang.

Jumlah ini membuat MPL ID S9 berhasil menjadi turnamen esports paling populer di dunia sepanjang Maret 2022 dengan mengalahkan pertandingan League of Legends Championship Korea (LCK) Spring 2022 antara Gen.G vs DAMWON Gaming KIA pada 27 Maret 2022 dengan 736.783 Peak Vieweres.

Kredit: Esports Charts


Jumlah Peak Viewers El Clasico MLBB alami peningkatan

Mobile Legends, MPL ID S9, RRQ Hoshi, EVOS Legends, El Clasico, Clay, Lemon
Kredit: Youtube/Mobile Legends: Bang Bang

Jika dibandingkan dengan Peak Viewers El Clasico MLBB jilid pertama pada MPL ID S8, jumlah 1.737.485 orang ini menunjukkan peningkatan, meski bukan menjadi yang tertinggi di sepanjang sejarah MPL ID. Pada musim lalu, jumlah penontonnya adalah 1.721.912 orang.

Namun di sepanjang MPL ID S8, pertandingan El Clasico MLBB tersebut bukan menjadi yang tertinggi, karena kedua tim tidak saling berjumpa di playoff.

Di sepanjang playoff MPL ID S8, pertandingan yang paling banyak ditonton adalah laga final lower bracket antara ONIC Esports vs EVOS Legends. Laga yang berhasil dimenangi secara dramatis oleh ONIC Esports dengan skor 3-2 itu sukse smenarik minat 2.392.579 penonton yang menonton secara bersamaan.

Sementara pertandingan grand final MPL ID S8 antara RRQ Hoshi vs ONIC Esports memiliki jumlah peak viewers sebesar 2.374.410 orang.

Rekor Playoff MPL ID Season 8
Sumber: Esports Charts

Menarik untuk dinantikan apakah El Clasico MLBB jilid kedua di musim reguler MPL ID S9 yang akan digelar pada Sabtu (9 April 2022) akan kembali memecahkan rekor terbanyak, apalagi jika kedua tim kembali berjumpa di playoff.

BACA JUGA: Tak hanya El Clasico! Ini laga-laga penting di week 8 MPL ID S9