MPL Indonesia (Mobile Legends: Bang Bang Professional League) adalah kasta tertinggi scene esports MLBB, di setiap gelarannya, turnamen ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang baik itu saat dilangsungkan secara online maupun offline.

Selain memperebutkan status sebagai penguasa Land of Dawn di Indonesia, MPL juga menjadi jalan bagi tim untuk bermain di level internasional seperti di MSC (Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup) dan MLBB World Championship, yang mempertemukan tim-tim terbaik dari seluruh dunia. 

ONE Esports menyusun daftar juara MPL Indonesia dari musim ke musim, simak berikut ini:



Daftar juara MPL Indonesia

EventJuaraRunner-upSkor
MPL ID Season 1Team NXLEVOS3-2
MPL ID Season 2RRQEVOS3-0
MPL ID Season 3ONIC EsportsLouvre3-0
MPL ID Season 4EVOS LegendsRRQ Hoshi3-1
MPL ID Season 5RRQ HoshiEVOS Legends3-2
MPL ID Season 6RRQ HoshiAlter Ego3-2
MPL ID Season 7EVOS LegendsBigetron Alpha4-2
MPL ID Season 8ONIC EsportsRRQ Hoshi4-3
MPD ID Season 9RRQ HoshiONIC Esports4-1
MPL ID Season 10ONIC EsportsRRQ Hoshi4-1

Juara MPL ID Season 1: Team NXL

Kredit: Mobile Legends

NXL mencatatkan diri ke dalam catatan sejarah Land of Dawn dengan merajai MPL ID Season 1 setelah menumbangkan EVOS dengan skor 3-2. Ketika itu NXL diperkuat pemain top seperti Rave dan LJ sementara Macan Putih dibintangi oleh pemain sekaliber Donkey dan Oura.


Juara MPL ID Season 2: RRQ

RRQ Juara MPL ID Season 2
Kredit: TeamRRQ

Liam, Tuturu dan Lemon benar-benar mengantarkan RRQ mendominasi MPL ID Season 2 dan puncaknya mereka menghabisi finalis musim sebelumnya EVOS dengan skor telak 3-0 untuk menguatkan status sebagai Raja dari segala Raja.


Juara MPL ID Season 3: ONIC Esports

Kredit: Mobile Legends

Disinilah para kage MLBB dikukuhkan, ONIC Esports mendominasi scene Mobile Legends Indonesia dan puncaknya mereka berhasil mengangkat trofi bergengsi MPL setelah melibas Louvre dengan skor 3-0. Pada saat ini ONIC diperkuat pemain-pemain top seperti Udil, Sasa, Antimage, Psychoo dan Drian.


Juara MPL ID Season 4: EVOS Legends

Setelah dua kali jadi finalis EVOS untuk kali pertama akhirnya mencicipi indahnya gelar juara MPL. Gelar juara ini terasa lebih manis setelah mereka menumbangkan musuh bebuyutan yaitu RRQ Hoshi dengan skor 3-1. Di sini istilah WORLD (Wann, Oura, Rekt, Luminaire, Donkey) membahana.


Juara MPL ID Season 5: RRQ Hoshi

RRQ Hoshi Juara MPL ID Season 5
Kredit: TeamRRQ

Alter Ego adalah paket kejutan pada musim ini dan mereka nyaris menumbangkan sang juara bertahan di partai puncak namun Alberttt degan Wanwan menampilkan salah satu scene paling terkenal di sepanjang gelaran MPL, untuk memastikan sang Raja tetap duduk perkasa di singgasana. RRQ menang dramatis 3-2.


Juara MPL ID Season 7: EVOS Legends

Kredit: ONE Esports

Untuk pertama kali Bigetron Alpha mencicipi keseruan tampil di grand final MPL Indonesia, namun sayang ambisi mereka menjadi penguasa Land of Dawn berhasil dikandaskan oleh EVOS Legends yang memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.


Juara MPL ID Season 8: ONIC Esports

ONIC Esports Juara MPL ID Season 8
Kredit: MPL ID

Alter Ego adalah kekuatan dominan di musim reguler namun secara perlahan namun pasti ONIC Esports sukses memutar situasi dan menjadi raja musim reguler. Keperkasaan ini berlanjut di babak playoff, meskipun sempat dipaksa turun ke lower bracket oleh RRQ Hoshi, sang Landak sukses menuntaskan dendam di partai final dengan skor ketat 4-3.


Juara MPL ID Season 9: RRQ Hoshi

Mobile Legends, RRQ HOshi, JUara MPL ID S9
Kredit: ONE Esports

Sejak awal musim reguler MPL ID S9, RRQ Hoshi telah menunjukkan kualitas dan kapasitas mereka sebagai calon terkuat peraih gelar, meski banyak yang menjagokan Aura Fire untuk menjadi juara baru. RRQ menunjukkan hal ini dengan berhasil menjadi juara musim reguler, sebelum tampil tak terkalahkan di playoff.

Di partai grand final, RRQ Hoshi berhasil menjadi juara setelah membalaskan dendam mereka kepada ONIC Esports pada musim lalu. Kali ini, mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1.


Juara MPL ID S10: ONIC Esports

Perjuangan dan dominasi ONIC Esports sungguh nyata di babak reguler season MPL ID S10. Tidak hanya pada babak reguler season, di babak playoff juga mereka bermain dengan baik. Sayang, di final upper bracket mereka harus takluk di tangan RRQ Hoshi.

Bermain di lower bracket bukanlah halangan bagi ONIC, bersama dengan para pemain terbaiknya, salah satunya Kairi yang begitu gacor di babak final membawa angin segar jika Landak Kuning layak meraih gelar juara musim ini.

Kredit: MPL ID

Dan benar saja, mereka berhasil membalaskan dendam kepada RRQ Hoshi. Tak berkutik, Alberttt cs takluk dengan skor telak 1-4 dan ONIC Esports keluar sebagai juara.

BACA JUGA: Jadwal MPLI 2021, tim peserta, bracket dan format turnamen | ONE Esports Indonesia