Kabar kepindahan para pemain Bigetron ERA ke Team Vitality tentu saja sangat mengejutkan dan mengherankan bagi penggemar MLBB di Tanah Air. Pasalnya tim ini sudah tidak terkalahkan di scene MLBB ladies dalam tiga tahun terakhir dan menghadirkan banyak gelar bagi organisasi.

Sejak akhir 2021, Bigetron ERA selalu mampu menjadi juara di setiap turnamen MLBB ladies yang mereka ikuti. Tak hanya di dalam negeri, mereka juga mendominasi semua turnamen internasional.

Bigetron Era ke Team Vitality
Sumber: ONE Esports

Salah satu yang paling membanggakan adalah keberhasilan para pemain ketika menjadi bagian dari timnas esports Indonesia di SEA Games Ke-32 di Kamboja. Mereka sukses menyumbangkan medali emas untuk kontingen Tanah Air.

Dengan kata lain, Bigetron ERA merupakan salah satu aset paling berharga yang dimiliki Bigetron Esports. Namun faktanya, kini tim tersebut telah dilepas dan menjadi bagian dari organisasi esports asal Prancis, Team Vitality, untuk mengikuti Esports World Cup alias EWC 2024 Riyadh.

BERITA TERKAIT
Bakal ke Riyadh, BTR Vivian: Ingin nyobain air zamzam langsung
MWI 2024 jadi bagian dari EWC, prize pool meningkat 16 kali lipat!
Jadwal MSC 2024, format, hasil dan cara menonton

Starlest jelaskan rencana sebelum lepas Bigetron ERA ke Team Vitality

Starlest, BTR Starlest, Edwin Chia, Bigetron Esports, Bigetron Alpha, Bigetron Red Aliens, Bigetron Era, MLBB, Mobile Legends, PUBG Mobile
Transfer Bigetron ERA ke Team Vitality – Kredit: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Pengumuman dilepasnya Bigetron ERA ke Team Vitality ini tentu mengundang banyak pertanyaan dari publik kepada Bigetron Esports. Edwin “Starlest” Chia sebagai pendiri dan CEO pun membeberkan seperti apa kronologi dan rencana awal dirinya di balik transfer tersebut.

Awalnya, Starlest mengaku bahwa dirinya hanya ingin menjadikan Team Vitality atau tim lainnya yang tertarik sebagai rekan atau partner. Dengan kata lain, dirinya tidak ingin melepas Bigetron ERA sepenuhnya dan para pemain tetap menjadi bagian dari organisasinya.

Namun karena tidak dapat memenuhi segala aturan yang berlaku di EWC, sosok yang akrab disapa Ko ED itu sempat iseng “buka harga” kepada tim-tim yang berminat melakukan buyout dengan harga yang tinggi. Ternyata ada banyak tim yang menyanggupi dan membuat transfer para pemain Bigetron ERA ke Team Vitality tersebut terjadi.

“Awalnya kami hanya ingin partner dengan Team Vitality, seperti PSG Talon atau PSG RRQ. Namun aturan dari EWC tidak boleh karena perlu nama timnya ada di depan dan ribet,” kata Starlest.

“Jadi saya tembak ‘ya sudah kalau gitu kalian mau tidak buyout sekian’. Awalnya saya tidak berpikir akan ada tim yang mau memberikan tawaran sebesar itu dan saya kaget melihat tim dari Arab mau, tim lainnya juga mau,” tuturnya.

Mobile Legends, Bigetron ERA
Transfer Bigetron ERA ke Team Vitality – Kredit: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Namun sebagai CEO, Starlest tetap memerhatikan masa depan para pemain Bigetron ERA dengan tidak hanya melihat nominal tawaran yang diajukan. Dirinya memilih dan memilah tim mana yang benar-benar serius dan juga diinginkan oleh para pemain.

“Setelah itu saya tanya lagi, ‘kalau gitu kalian bisa kasih tawaran seperti apa ke pemain ladies kami seperti apa karena kami tidak mau melepas begitu saja’,” ucap Starlest.

“Sebenarnya, jujur saja, ada tawaran yang lebih tinggi. Tetapi kenapa cocok dengan Vitality, karena mereka menjanjikan beberapa hal yang diinginkan pemain, seperti gaji yang oke, GH lebih besar, dan mereka bakal jalan-jalan ke Paris,” tuturnya.

Mobile Legends, Bigetron Era ke Team Vitality
Transfer Bigetron ERA ke Team Vitality – Kredit: Vitality.gg

Lebih lanjut, Starlest juga mengaku bahwa meski para pemain kini telah berada di bawah Team Vitality, dirinya akan tetap mengurus segala yang dibutuhkan. Pasalnya para pemain akan tetap berada dan bertanding di Indonesia, bukan pindah ke Paris yang merupakan basis kota organisasi tersebut dan tim tersebut tidak memiliki perwakilan di Indonesia.

@esportsvibesid

Klarifikasi CEO Bigetron Esports mengenai farewell nya roster-roster Bigetron Era dan pindah ke Vitality #mlbb #mobilelegends #esportsvibesid #fyp @Bigetron Esports @Team Vitality

♬ Inspirational – neozilla

Ikuti akun resmi ONE Esports di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: Daftar 19 game di Esports World Cup 2024