Role Assassin Mobile Legends merupakan salah satu yang sering digunakan oleh setiap tim dalam bermain, baik itu di rank maupun scene kompetitif. Tak jarang juga pemain di role ini menjadi penentu kemenangan tim, meski bukan sebagai core utama.

Dalam memainkan game esports apapun, pasti ada strategi yang diterapkan serta role yang harus dijalani oleh setiap pemain di dalam tim. Assassin Mobile Legends menjadi salah satunya, meski tidak selalu hadir.

Assassin Mobile Legends merupakan salah satu role terbaik untuk dimainkan. Hero-hero Assassin Mobile Legends memiliki damage besar dan cukup digemari oleh para pemain karena bisa mendapatkan banyak kill di sepanjang permainan.

Namun, memainkan role Assassin Mobile Legeneds itu bukan hanya soal seberapa banyak koleksi kill kalian. Namun, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan, seperti peran bagi tim dalam team fight, maupun pada setiap fase pemainan, yaitu early, mid, dan late game.

Berikut tim bermain Assassin Mobile Legends ini wajib diketahui oleh para penggunanya agar lebih andal dan paham apa saja yang perlu dilakukan sepanjang permainan.


Tugas Assassin Mobile Legends di early, mid, dan late game

Map dan Lane Mobile Legends, Land of Dawn
Kredit: Moonton

Early game

Jika dibandingkan dengan tipe hero lainnya, Assassin Mobile Legends adalah pemilik damage paling besar di awal permainan alias early game. Ia bisa mendapatkan kill demi kill di awal permainan, tentunya dengan bantuan rekan setim atau menjadi penyelesai akhir dari fight yang dilakukan oleh rekan setim.

Namun perlu diingat, meski memiliki damage besar, bukan berarti hero Assassin akan selalu memenangi peperangan 1v1 dengan lawan, apalagi jika lebih. Pasalnya hero ini memiliki HP yang tipis dan akan sangat rapuh ketika terkena skill crowd control dari lawan.

Lebih baik pada early game, pengguna Assassin Mobile Legends harus fokus dalam melakukan farming, jika bermain sebagai jungler atau hypercarry. Utamakan Purple Buff sebagai objektif pertama sebelum melakukan rotasi untuk menghabisi moster hutan lainnya sambil melihat peluang melakukan ganking di salah satu lane.


Mid game

Dengan memiliki early game yang baik, pengguna Assassin Mobile Legends akan memiliki beberapa item yang dibutuhkan dan tentunya harus lebih baik dari sebagian besar hero yang ada di Land of Dawn.

Meski demikian, pengguna Assassin Mobile Legends harus lebih berhati-hati dalam bermain, apalagi dalam hal menghindari ganking lawan dan masuk ke dalam team fight. Akan lebih baik jika bisa mencari posisi yang tepat sebelum masuk ke akhir team fight dan menyapu bersih hero-hero lawan yang sudah sekarat.

Jika ada kesempatan, kalian bisa langsung mengincar core lawan secara tiba-tiba untuk menghilangkan sumber damage terbesar lawan dan mulai mengincar hero-hero lawan yang sudah mulai sekarat dan sekiranya bisa langsung dihabisi dengan salah satu skill yang dimiliki.

Sementara jika berada dalam posisi menyerang, pengguna Assassin Mobile Legends bisa memfokuskan diri dalam menculik hero-hero lawan ber-HP tipis yang bisa dihabisi secepat kilat dan mencuri moster hutan milik lawan agar tetap menjadi pemilik gold terbanyak dan mempercepat build item yang dibutuhkan.


Late game

Terlepas dari segala kelebihan yang dimiliki Assassin Mobile Legends, hero ini akan sangat kesulitan pada late game, terutama ketika semua hero lawan sudah mencapai Level 15 dengan full item.

Penggunan Assassin harus bisa mengambil setiap kesempatan sejak early game demi memperkaya diri dengan menjatuhkan lawan sebanyak mungkin dan tim fokus memastikan kemenangan secepat mungkin.

Jika sudah memasuki late game, Assassin Mobile Legends tidak bisa terlalu banyak terlibat dalam team fight. Akan lebih baik jika mereka melakukan backdoor, baik untuk melakukan split push maupun menghabisi hero-hero lawan yang berhasil keluar dengan selamat dalam kondisi sekarat dari team fight yang terjadi.

Baru ketika situasi tim sudah unggul dalam jumlah hero, Assassin Mobile Legends bisa lebih leluasa untuk ikut melakukan team fight dan push ke base lawan untuk memastikan kemenangan.


Pemilihan emblem yang cocok untuk hero Assassin Mobile Legends

Emblem Assassin Mobile Legends

Dalam hal pemilihan emblem dalam memainkan Assassin Mobile Legends, kalian bisa memilih Assassin atau Fighter yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain atau kebutuhan hero yang digunakan. Namun sebagian besar player Assassin menggunakan emblem Assassin.

Emblem ini sangat cocok digunakan untuk hero Assassin Mobile Legends, karena dapat menambah statistik Physical Penetration, Physical Attack, Critical Chance, Cooldown Reduction, dan Movement Speed.

Beberapa talent yang paling banyak digunakan adalah Killing Spree untuk mendapatkan efek 15 persen HP dan Movement Speed 20 persen selama 5 detik. Ada juga yang lebih suka atau cocok dengan High and Dry untuk meningkatkan damage 6 persen kepada hero lawan dalam pertarungan 1v1.

Sementara itu ada beberapa hero Assassin juga yang lebih memilih menggunakan emblem Fighter, terutama untuk menggunakan Festival of Blood agar dirinya bisa mendapatkan efek spellvamp sebesar 8 persen dan akan lebih besar lagi jika berhasil menjatuhkan hero lawan hingga 12 persen.

Secara kasat mata, spellvamp 12 persen yang diterima terlihat kecil. Namun dengan pemilihan item-item yang tepat akan menambah efek ini dan membuat penggunanya memiliki peluang terus memiliki HP yang besar.



Pemilihan item yang tepat untuk Assassin Mobile Legends

Item Mobile Legends, Jess No Limit
Ilustrasi item-item Mobile Legends
Kredit: YouTube/JessNoLimit

Dalam hal pemilihan item, hal ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan utama hero serta line-up lawan. Namun yang pasti sebagai Assassin, kalian tentu wajib melalukan build item damage dan satu atau dua item defense.

Sepanjang pengalaman penulis melihat para pro player Mobile Legends bermain di MPL ID, ada beberapa pilihan item yang sering digunakan saat memainkan Assassin. Berikut rinciannya:


Warrior Boots

Item ini memberikan efek +40 Movement Speed dan meningkatkan 22 Physical Defense. Dari pasif unik Warrior Boots, Valor, Physical Defense juga akan meningkat sebanyak lima setiap kali menerima Basic Attack dari lawan.


Magic Shoes

Item Magic Shoes ini dapat memberikan +40 Movement Speed serta +10 persen Cooldown Reduction. Hal ini membuat penggunanya bisa lebih sering menggunakan skill-skill yang dimiliki ketimbang Warrior Boots.


Rose Meteor Gold

Item attack ini memiliki efek kepada penggunanya yaitu +30 Magic Defense, +60 Physical Attack, dan +5% Physical Lifesteal. Berdasarkan efeknya, item ini lebih cocok untuk hero Assassin physical seperti Lancelot, Fanny, Ling, dan Hayabusa.

Selain itu, item ini juga memiliki pasif unik bernama Lifeline, di mana saat HP hero di bawah 30 persen, item ini akan menghasilkan shield untuk menyerap 510-1350 damage (meningkat seiring level) selama 3 detik dan cooldown 40 detik. Selain itu pasif ini juga menambah +25 Magical Defense.


Malefic Roar

Item ini memberikan efek +60 Physical Attack dan tambahan atribut 35 persen Physical PEN. Selain itu ada juga efek dari pasifnya yang dapat meningkatkan atribut tersebut secara berskala dengan Physical DEF lawan.

Item ini sangat dibutuhkan oleh hero Assassin, terutama ketika telah memasuki mid game, guna menghabisi HP hero-hero front line lawan yang memiliki HP tebal karena mereka sudah memiliki beberapa item defense.


Windtalker

Item ini memberikan efek +40% Attack Speed, +20 Movement Speed, dan 10 persen Critical Chance. Item ini sebenarnya terbilang jarang digunakan oleh Assassin Mobile Legends, tetapi ada beberapa hero yang juga membutukan penambahan Attack Speed dan Critical dari item ini, terlebih dengan efek pasif item untuk menambah damage ke minion sebesar 200 persen demi mempercepat clear wave dalam melakukan backdoor.


Blade of the Heptaseas

Mengingat Assassin Mobile Legends memiliki HP tipis, pemilihan item ini sangat penting karena dapat meningkatkan +250 Health Points dan +70 Physical Attack. Belum lagi ditambah pasif yang menambah dan +15 Physical PEN dan pasif uniknya, Ambush, yang akan aktif jika tidak ada damage yang diterima selama 5 detik, Basic Attack berikutnya akan memberikan Physical Damage tambahan sebesar +160, plus 40 persen Physical Damage, dan memberikan efek slow 40 persen kepada target selama 1,5 detik.


Blade of Despair

Item Blade of Despair ini merupakan salah satu andalan pada assassin atau core utama karena dapat meningkatkan +159 Physical Attack dan tambahan 5 persen Movement Speed. Jika HP lawan kurang dari 50 perseb, maka efek Physical Attack ini akan meningkat sebesar 25 persen.


Immortality

Item defense ini sangat penting untuk dimiliki karena dapat menambahkan +800 Health Points dan +40 Physical Defense. Yang terpenting adalah pasifnya yang membuat penggunanya bisa terhindar dari kematian dan akan bangkit kembali setelah 2,5 detik dengan dapatkan 16 persen dari Max HP dan 220-1200 shield yang bertahan selama 3 detik. Namun, efek ini memiliki Cooldown 210 detik.

Dengan rata-rata hero Assassin Mobile Legends yang memiliki kelincahan dan escape mechanism mumpuni, item ini bisa membuat dirinya meloloskan dari dari kematian dan menyita waktu lawan untuk menunggu kalian respawn dari kematian.


Demikian panduan bermain hero Assassin Mobile Legends yang dapat dijadikan referensi. Efektif atau tidaknya, tentu semua harus disesuaikan dengan gameplay masing-masing dan lawan yang dihadapi. Namun secara keselutuhan, panduan ini bisa dijadikan pegangan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

BACA JUGA: Ada berapa role di Mobile Legends? Simak paparannya!