MPL ID Season 8 akan segera menggelar babak playoff pada pekan depan, Kamis (21/10/2021). Sebelum fase puncak dari scene kompetitif Mobile Legends tertinggi di Indonesia tersebut bergulir, menarik untuk disimak hero favorit apa saja yang telah digunakan tim-tim di musim reguler dan membandingkannya dengan MPL lainnya.

Di sepanjang musim reguler MPL ID Season 8, total ada 97 hero berbeda yang telah dipilih oleh delapan tim yang bertanding. Ada 11 hero lainnya selain Floryn yang sama sekali tidak dipilih, yaitu Alpha, Vale, Masha, Terizla, Guinevere, Faramis, Hanabi, Diggie, Odette, Irithel, dan Gatotkaca.

Dari daftar 97 hero yang dipilih, Esmeranda menjadi yang paling banyak dipilih. Total, hero Mage/Tank ini telah bermain sebanyak 69 kali atau memiliki pick rate 51,11 persen.

Build Esmeralda terbaik
Sumber: MLBB

Hal ini membuat Esmeralda begitu sering terlihat di posisi gold lane karena ada banyak tim yang menjadikannya sebagai andalan utama di setiap pertandingan, termasuk EVOS Legends dan RRQ Hoshi.

Sementara di peringkat kedua, Pharsa menjadi hero favorit berikutnya dengan jumlah dipilih sebanyak 59 kali atau 43,70 persen pick rate. Kemampuan crowd control dan mobilitas tinggi miliknya dipercaya menjadi alasan utama bagi banyak pemain atau tim untuk memilihnya.

Mobile Legends: Bang Bang Peony Bloom Pharsa skin character model
Screenshot by Jules Elona/ONE Esports

Sementara di posisi ketiga dihuni oleh Jawhead. Hero fighter yang begitu fleksibel ini dipilih sebanyak 57 kali atau persentase pick rate sebesar 42,22 persen.

Meski berada di posisi ketiga, sebenarnya Jawhead merupakan salah satu hero yang paling ditakuti di MPL ID Season 8. Pasalnya ia memiliki ban rate yang sangat besar, yaitu 52,59 persen.

Mobile Legends: Bang Bang skin, Candy Bear Jawhead
Kredit: Moonton

Dengan kata lain, sangat jarang sosok Jawhead absen dalam setiap draft pick hero di MPL ID Season 8. Jika tidak di-ban, hero ini hampir selalu dijadikan pilihan, terutama sebagai roamer.

Setelah Esmeralda, Pharsa, dan Jawhead, ada beberapa hero favorit lainnya yang terlihat begitu populer di musim reguler MPL ID Season 8. Mereka adalah Benedetta (53 kali pick), Ruby (52), Chou (49), Hayabusa (46), Lunox (45), Paquito (44), dan Harley (38) untuk melengkapi daftar 10 hero favorit di musim reguler MPL ID Season 8.

Mobile Legends, Hero Favorit, MPL ID Season 8
Kredit: ONE Esports


Perbandingan hero favorit MPL ID dengan MPL lainnya

MPL KH Season 1
Sumber: MPL KH

Sejauh ini, baru MPL KH Season 1 yang telah menyelesaikan semua pertandingannya. Sementara itu MPL BR Season 1 sudah memasuki tahap akhir di babak playoff mereka.

Sementara untuk MPL ID, PH, MY, dan SG, semuanya baru bersiap-siap untuk menggelar babak playoff. Jadi, akan sangat menarik untuk membandingkan hero favorit di setiap MPL di fase yang sama.

Di MPL PH Season 8, Alice menjadi hero favorit bagi tim-tim yang bertanding di dalamnya. Alice menjadi hero paling sering digunakan sebanyak 61 kali atau dengan pick rate 46,21 persen.

Sementara itu di posisi kedua dihuni oleh Paquito yang dipilih sebanyak 60 kali atau pick rate sebesar 45,45 persen. Meski demikian, serupa dengan Jawhead di MPL ID, hero ini memiliki ban rate tertinggi, yaitu 53,79 persen yang menunjukkan bahwa hero ini hampir selalu hadir di dalam draft pick.

Terakhir di posisi ketiga ada Chou yang dimainkan sebanyak 48 kali atau pick rate sebesar 36,36 persen.

Mobile Legends, Hero Favorit, MPL PH Season 8
Kredit: ONE Esports

Berbeda di MPL MY Season 8, Chou justru menjadi hero yang paling sering dipilih, yaitu sebanyak 81 kali atau pick rate sebesar 52,26 persen.

Sementara di posisi kedua dan ketiga masing-masing dihuni oleh Benedetta (76 kali dipilih, 49,03 persen pick rate) dan Pharsa (71 kali bermain, 45,81 persen pick rate.

Mobile Legends, Hero Favorit, MPL MY Season 8
Kredit: ONE Esports

Terakhir dari MPL SG Season 2, Esmeralda kembali menjadi hero favorit di urutan pertama dengan total 35 kali dipilih atau pick rate sebesar 50,72 persen. Di posisi kedua ada Pharsa dengan 28 kali tampil atau 40,58 persen pick rate, di susul oleh Mathilda dengan 27 kali dipilih atau 39,13 persen pick rate.

Mobile Legends, Hero Favorit, MPL SG Season 2
Kredit: ONE Esports

Dengan kata lain, hero favorit di setiap MPL yang ada saat ini bisa dikatakan tidak jauh berbeda. Sosok-sosok seperti Esmeralda, Pharsa, dan Chou merupakan hero favorit di scene kompetitif. Bukan karena hero-hero ini terlalu OP, tetapi mungkin sesuai dengan gameplay yang diterapkan atau cukup fleksibel untuk digunakan di beberapa role hingga menjadi priority pick.

Hal ini juga semakin jelas jika kita semakin diperlebar cakupannya dengan melibatkan MPL KH dan MPL BR. Di MPL KH, hero-hero seperti Esmeralda, Paquito, dan Popol and Kupa menjadi pilihan teratas. Sementara di MPL BR, Jawhead menjadi hero favorit teratas bersama Barats dan Pharsa.

Menarik untuk dinantikan apakah hero-hero ini akan kembali menjadi andalan di playoff MPL ID, PH, MY, dan SG yang akan segera bergulir dalam waktu dekat? Peluang tersebut tentu sangat besar, tetapi tentu kita juga akan sangat senang jika tim-tim menghadirkan hero-hero yang jarang digunakan, apalagi dengan role yang tak biasa.

BACA JUGA: Jadwal playoff MPL ID Season 8, lokasi dan hasil pertandingan