Ketika ada tim esports yang berhasil menjadi juara di sebuah turnamen atau kompetisi, tidak lengkap rasanya jika mereka tidak mengangkat trofi sebagai bagian dari selebrasi.

Dari sekian banyak turnamen dan kejuaraan di dunia esports, ONE Esports telah melihat ada begitu banyak trofi unik yang dihadirkan oleh penyelenggara bagi tim pemenang. Namun dari sekian banyak yang dihadirkan, tentu ada beberapa di antaranya yang paling unik dan menonjol.

Berikut lima trofi esports terunik yang membuat momen kemenangan menjadi semakin berkesan.


Wild Rift: Trofi SEA Icon Series Vietnam berbentuk sarung tangan Ezreal

Trofi, Wild Rift, SEA Icon Series 2021, Vietnam, SBTC
Kredit: SBTC Esports

Layaknya Infinity Gauntlet, trofi League of Legends: Wild Rift SEA Icon Series Vietnam ini sebenarnya terinspirasi dari sarung tangan Ezreal, sekaligus menandai Wild Rift Summer Season resmi pertama.

Didesain dan dibuat di Vietnam, trofi ini sekarang berada di markas tim juara SEA Icon Series Vietnam, SBTC Esports.


Valorant: Trofi First Strike berbentuk api

Trofi, Valorant, First Strike NA, 100 Thieves
Kredit: Riot Games

Esports Valorant pertama, First Strike, menghadirkan trofi dengan bentuk api yang dirancang dengan indah, sekaligus sebagai simbol ledakan popularitas yang tengah dinikmati Valorant.

Trofi Valorant dirancang oleh Nicholas Fair, yang juga mendesain piala untuk LCS, Call of Duty League, dan Arena of Valor World Cup.

Tim juara Valorant pertama di seluruh dunia berhasil membawa pulang gelar spesial ini adalah 100 Thieves, Team Heretics, dan Vision Strikers.



League of Legends: Summoner’s Cup, salah satu trofi paling besar

Trofi, League of Legends, Summoner's Cup, Worlds 2019
Kredit: Riot Games

Summoner’s Cup telah menjadi simbol dari League of Legends World Championship (Worlds) sejak 2012. Trofi ini dianggap sebagai salah satu piala di dunia esports yang paling besar dan terberat di dunia, dengan berat sekitar 31,7 kilogram!

Signature trophy League of Legends ini dirancang oleh Thomas Lyte, ahli pembuat piala dari London, dan telah lama melayani permintaan dari Royal Household alias keluarga kerajaan Inggris.

Summoner’s Cup sendiri juga telah beberapa kali diperlakukan secara luar biasa. Piala ini pernah memiliki case yang dirancang oleh Louis Vuitton untuk Worlds 2019 dan 2020.


Dota 2: Trofi The International yang membuat pemenangnya merasa “Immortal”

Trofi, Dota 2, The International 2019, OG
Kredit: The International

Seberapa pentingnya Aegis of the Immortal di Dota 2? Ada dua hal, yaitu di dalam game dapat menghidupkan kembali hero yang menggunakannya dengan full HP serta menjadi salah satu piala paling didambakan di dunia esports dari ajang The International.

Piala Aegis of the Immortal ini dibuat dari perunggu dan perak oleh rumah produksi Weta Workshop di Selandia Baru. Rumah Produksi ini juga jauh lebih dikenal berkat karya-karya mereka untuk trilogi The Lord of the Rings.


Bagaimana dengan sabuk ONE Championship sebagai trofi ONE Esports Dota 2 Singapore Major 2021

Trofi, Dota 2, Singapore Major 2021, ONE Esports, Invictus Gaming
Kredit: ONE Esports

Sabuk ONE Championship bukan sesuatu yang biasa hadir di dunia esports. Pasalnya, trofi yang dirancang oleh Muhammad Shakir, desainer kreatif ONE Championship, ini diperuntukkan untuk pemenang di cabang mixed martial arts.

Namun, saat ONE Esports menjadi penyelenggara Dota 2 Singapore Major 2021, dan juga Dota 2 World Pro Invitational Singapore, sabuk ONE Championship ini digunakan sebagai piala untuk diangkat oleh tim pemenang.

CEO ONE Esports, Carlos Alimurung, mengatakan bahwa sabuk itu dinilai cocok menjadi piala karena “kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi juara dalam olahraga fisik, sama dengan apa yang dibutuhkan untuk menjadi juara di esports.”

Invictus Gaming menjadi tim terbaru yang berhasil mengamankan sabuk dari ONE Championship ini setelah mereka berhasil menjadi juara di ONE Esports Dota 2 Singapore Major beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: 5 hal menarik dari livestream Inazuma Genshin Impact