Dipersembahkan kepada Anda dalam kemitraan bersama Samsung

Vexana Mobile Legends akhirnya mendapat spotlight. Setelah kesulitan menembus META dan kalah bersaing dengan mage-mage lain di pelbagai META, bahkan tak semudah itu dipakai ketika direvamp, sang hero akhirnya naik daun.

Vexana akhirnya benar-benar bisa berguna setelah patch update kedua terakhir yang sedikit mengubah kapasitas skill-nya.

Seiring META objektif yang menjadi sangat penting, power Vexana ternyata sangat bisa dimanfaatkan di momen tersebut.

Faramis roamer, Cara main Faramis Revamp
Screenshot oleh Jules Elona/ONE Esports
Tips jadi pro player dari Skylar: Utamakan sekolah

Dari hero yang sangat tidak berguna sebelumnya dan jarang dipick, kini Vexana Mobile Legends menjadi primadona di scene kompetitif bahkan ranked.

Berdasarkan statistik hero di MPL ID S13 sampai pekan kedua hari pertama, Vexana adalah hero paling populer dan paling sering dipick.

Setidaknya sudah 14 kali mage satu ini menjadi opsi di Land of Dawn dengan persentase kemenangan hingga 57 persen (8 menang 6 kalah). Meski begitu dia hanya sekali di ban sejauh ini.

Mengapa Vexana menjadi sangat kuat? Sebelum mengulas lebih dalam, mari kita deskripsikan tentang skillset yang dimiliki.

Penjelasan skill Vexana

  • Nether Touch (pasif)

Target yang terkena damage Vexana akan mendapat mark selama lima detik. Setelah itu stack tersebut akan meledak dan memberikan 108 – 500(+60% magic power) magic damage area.

  • Deathly Grasp (skill 1)

Vexana mengeluarkan sebuah Deathly Grasp ke arah yang ditentukan dan memberikan 200 magic damage (+60 total magic power).

Mobile Legends, Vexana The Sun Empress
Vexana The Sun Empress (Oktober 2023) – Kredit: Youtube/MLBB
Vexana Circus Magician segera hadir! Skin pertama setelah lebih dari 3 tahun

Bakal ada stack yang tertempel untuk musuh yang terkena, memberikan efek terrify dan knock sedikit kemudian meledak secara area. Terrify berjalan selama 1 detik.

  • Cursed Blast (Skill 2)

Vexana mengeluarkan energi damage dari langit yang sangat kuat sesuai area yang ditargetkan. Ketika diaktifkan akan ada delay 0,8 detik sebelum meteor tersebut jatuh.

Damage yang dihasilkan adalah 580 magic damage (+165% magic power) dan akan berkembang seiring naiknya level dan item.

  • Eternal Guard (Ultimate)

Vexana memanggil Eternal Guard (seorang raksasa penjaga). Dia akan memberikan 500 magic damage (60% magic power) saat turun dan memberikan efek knock up selama 0,8 detik kepada musuh yang terkena.

Selama 15 detik setelahnya, Eternal Guard akan ikut bertarung di Land of Dawn selama 15 detik dan tiap pukulan yang dikeluarkan memberikan225 magic damage ditambah 5% HP target lawan (+40% total magic power).

Kenapa Vexana masuk META?

Vexana menjadi prioritas karena power CC yang sangat kuat dari semua skill-nya. Mungkin itu terdengar aneh karena sejak pasca revamp, skill nya seperti itu.

Tapi yang membedakan adalah animasi dalam penggunaan skill-skill kini jauh lebih ditingkatkan dan hampir tak ada delay.

Vexana Mobile Legends
Belajar dari RRQ: Counter Vexana dengan split push

Itulah yang membuat Vexana sangat bisa dimanfaatkan entah dalam teamfight, pick-off lewat damage dadakan, dan segala potensi gameplay lainnya.

Selain itu Eternal Guard adalah hal terpenting dari semua skill Vexana. ONE Esports menanyakan langsung kepada KB soal power hero ini, dan Eternal Guard adalah faktor utamanya.

“Intinya ultimate Vexana bisa buat zoning musuh dan cari info ketika objektif. Selain itu juga ada item darah yang mana Eternal Guard menjadi ikut tebal ketika Vexana build tank,” kata KB eksklusif.

Combo Vexana Mobile Legends

Lalu satu hal yang paling harus dimengerti adalah mekanik hero ini. Tak ada kesulitan sama sekali memainkan Vexana. Tapi kalian harus tahu combo terbaiknya.

Semua kombinasi bisa dilakukan. Tapi jika dalam teamfight besar, paling efektif adalah ultimate, skill 2, dan skill 1. Sehingga semua damage dan CC jarak jauh yang dimiliki bisa masuk ke lawan.

3 hero counter Vexana di midlane, stun dan burst damage adalah kunci

Vexana juga harus sangat menjaga posisinya. Karena ketika terciduk, tak semudah itu untuk lepas dari lawan. Mungkin Eternal Guard bisa dibuat defense ketika dia diminta menempel ke Vexana, tapi tetap saja tak efektif.

Pastikan jarak Anda dalam menggunakan Vexana tepat dan akurat. Sehingga kalian benar-benar bisa memaksimalkannya.

Ikuti akun resmi ONE Esports di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: Tutorial MLBB lengkap: Build item, counter hero, kombo, tips bermain