Jungler Blacklist International, Wise, telah meraih hampir semua gelar tertinggi di scene kompetitif Mobile Legends. Namun, ternyata ia masih memiliki target yang ingin dicapai, baik saat masih menjadi pro player maupun setelah nanti memutuskan pensiun.

Wise sudah berkarier di scene kompetitif MLBB sejak MPL PH S4 bersama ONIC PH. Sejak saat itu, ia telah meraih banyak gelar setelah bergabung dengan Blacklist International jelang ONE Esports MPL Invitational 2020 atau Desember 2020.

Mobile Legends: Bang Bang Professional League Philippines Season 8 (MPL PH Season 8) champions Blacklist International

Bersama Blacklist, Wise sukses meraih gelar juara MPL PH S7 dan S8, serta M3 World Championship. Setelah itu, ia juga berhasil meraih runner-up MSC 2021, ONE Esports MPL Invitational 2021, serta medali emas di SEA Games 2021.

Dengan kata lain, Wise hanya belum pernah mencicipi gelar MSC, setelah pada edisi 2021 timnya dikalahkan Execration di grand final. Sementara sisanya, ia telah mendapatkan semua yang bisa diraih di scene kompetitif MLBB Filipina dan dunia.



Target selanjutnya bagi karier Wise

OHMYV33NUS dan Wise
Kredit: Blacklist international

Meski telah meraih hampir semua gelar bergengsi yang bisa didapat, ternyata Wise masih memiliki banyak target yang ingin dicapai dalam waktu dekat saat masih menjadi pro player seperti saat ini.

Bahkan, ia sama sekali tidak menyebut MSC sebagai target berikutnya yang ingin ia raih dalam waktu dekat. Ia ingin memanfaatkan popularitas yang saat ini telah dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

“Saya ingin mencapai status, di mana meskipun saya sudah tidak lagi menjadi sorotan sebagai pemain pro, saya masih ingin bisa menghasilkan. Tujuan saya adalah ntuk berinvestasi dalam bisnis, atau membuat merchandise V33wise,” ucap Wise dalam wawancara eksklusif bersama ONE Esports.

“Hal itu benar-benar menjadi tujuan kami. Namun untuk sekarang, apa yang saya dan V (OhMyV33nus) pikirkan hanyalah melakukan live streaming lalu beristirahat. Kemudian kami akan bergabung untuk (MPL PH) Season 10,” tuturnya.

Setelah menyinggung masalah bisnis, ONE Esports mencoba mengulik lebih dalam mengenai bisnis apa yang sebenarnya ingin digeluti oleh dirinya, selain merchandise yang juga telah ia ucapkan sebelumnya.

Dalam hal ini, Wise lebih memilih untuk memberikan contoh dari sosok yang saat ini ia jadikan sebagai panutan atau sumber inspirasi dalam berbisnis.

Alodia Gosiengfiao, Blacklist International
Kredit: Instagram/Alodia Gosiengfiao

“Bagi saya, inspirasi saya adalah Boss Tryke, karena dia dulunya adalah seorang shoutcaster dan sekarang dia memiliki perusahaan sendiri seperti Tier One,” ujar Wise.

“Jadi impian saya dan V adalah bisa berada di level yang sama dengan Boss Tryke dan Boss A (Alodia Gosiengfiao), jika kami cukup beruntung,” tuturnya.

Jelang MPL PH S10, ada banyak hal yang bisa kita nantikan dari Wise dan OhMyV33nus, seperti kepastian dirinya kembali bermain bersama Blacklist atau mungkin membela tim yang berbeda.

BACA JUGA: Dream Team MSC 2022 versi ONE Esports