Inisiator team fight bukanlah tugas utama dari hero-hero Assassin MLBB. Dalam bermain Mobile Legends, tugas ini biasanya dilakoni oleh Roamer atau hero-hero Tank dan Fighter dengan build defense tinggi untuk melahap banyak damage yang dilepaskan lawan.

Namun dari total 20 hero Assassin MLBB yang tersedia untuk dipilih di dalam game, ternyata ada beberapa di antaranya yang bisa melakoni tugas sebagai inisiator team fight, sebelum pemain roamer melakukannya atau untuk menindaklanjutinya.

Mengingat HP dari hero Assassin MLBB cenderung tipis, menjadi inisiator team fight ini tentu sangat berisiko. Namun dengan skill-skill yang dimiliki, hal ini membuat mereka bisa saja melakukannya tanpa harus menjadi korban pertama dalam team fight karena bakal sangat merugikan tim.

Berikut daftar lima hero Assassin MLBB terbaik untuk dijadikan inisiator team fight. Sebagai catatan, pemilihan hero Assassin MLBB ini tidak dipilih karena di-build sebagai Roamer atau Tank, tetapi hanya karena skill-skill yang dimiliki.


Hero Assassin MLBB yang bisa dijadikan inisiator team fight

Lancelot

Hero Assassin MLBB, Mobile Legends, Lancelot
Sumber: Mobile Legends

Lancelot menjadi pilihan pertama sebagai hero Assassin MLBB yang bisa dijadikan inisiator team fight karena ia memiliki kelincahan dalam bergerak dan sangat sulit untuk ditangkap oleh musuh.

Skill 1 Lancelot, Puncture, membuat ia bisa menerjang ke arah hero musuh dengan sangat cepat sambil meninggalkan Sword Mark dan memberikan damage. Jika ia berhasil memberikan Sword Mark kepada lawan, cooldown dari skill ini akan ter-reset dan bisa kembali ia gunakan.

Puncture ini sangat berguna untuk membuat Lancelot menjadi inisiator team fight karena dapat memecah perhatian dan konsentrasi lawan untuk memburunya. Koordinasi yang baik dengan rekan setim, terutama Roamer, untuk menindaklanjuti inisiasi tersebut juga sangat penting untuk memenangi peperangan.

Jika Lancelot tidak bisa menggunakan Puncture, ia masih memiliki skill 2, Thorned Rose, yang bisa membuat dirinya terhindar dari serangan lawan, jika digunakan dengan timing yang tepat.

Jika Puncture dan Thorned Rose ini tidak cukup untuk membuat dirinya keluar dari area berbahaya, Lancelot bisa menggunakan skill ultimate-nya, Phantom Execution, untuk kabur, jika opsi tersebut menjadi satu-satunya pilihan.

Jika posisinya cukup aman, Lancelot bisa menggunakan Phantom Execution ini untuk menjangkau hero lawan, terutama mereka yang dalam kondisi sekarat, untuk bisa ia jatuhkan dengan skill tersebut.



Fanny

Tutorial Fanny MLBB, Mobile Legends. OHEB
Sumber: Mobile Legends

Pemilihan Fanny pada draft pick, terutama sebagai last pick, terkadang sudah cukup untuk membuat tim lawan gentar. Pasalnya hero ini sangat mematikan, lincah, dan cukup sulit untuk ditangkap, apalagi jika penggunanya mahir dalam memainkan hero Assassin MLBB satu ini.

Dalam sebuah team fight, terjangan yang dilakukan Fanny dengan skill keduanya, Steel Cable, yang juga dapat men-trigger skill pertamanya, Tornado Strike, sering kali sukses membuyarkan pertahanan lawan dan membuat mereka berhamburan untuk mundur atau ke beberapa arah berbeda demi menghindari potensi serangan dari Fanny.

Kondisi tersebut bisa langsung ditindaklanjuti oleh rekan satu timnya untuk mengejar hero-hero yang terpisah dari gerombolannya demi mendapatkan kill dan membuat kekuatan lawan menjadi pincang dan memudahkan tim, baik dalam melakukan push maupun menciptakan team fight susulan.


Hanzo

Mobile Legends, Hanzo
Kredit: Moonton

Hanzo bisa menjadi pilihan berikutnya sebagai hero Assassin MLBB terbaik untuk dijadikan inisiator team fight. Semua ini sangat bergantung kepada skill ultimate-nya, Kinjutsu: Pinnacle Ninja.

Dengan skill ini, Hanzo bisa melepaskan bayangannya (Demon Pneuma) untuk bergerak dengan cepat, menerobos pertahanan lawan dalam sebuah team fight sekalipun, sekaligus melepaskan skill-skill lainnya, tanpa harus takut terbunuh jika Demon Pneuma miliknya berhasil dijatuhkan lawan.

Inisiasi menggunakan Kinjutsu: Pinnacle Ninja ini sering kali membuat musuh panik dan memilih mundur ketika Demon Pneuma muncul dan menciduk rekan satu timnya dengan efek stun atau damage dari skill-skill Hanzo lainnya. Hal ini bisa langsung disambut atau dimanfaatkan oleh rekan satu timnya demi memenangi team fight.


Helcurt

Helcurt
Sumber: Moonton

Inisiasi team fight menggunakan Helcurt merupakan hal lumrah yang dilakukan oleh pengguna hero Assassin MLBB ini dalam bermain. Tak lain dan tak bukan karena skill ultimate-nya, Dark Night Falls.

Skill ini dapat mengurangi pandangan semua hero musuh secara global selama 3,5 detik. Selama skill ini aktif, skill bisa membuat Helcurt mendapatkan tambahan 10%-20% Attack Speed dan 65%-75% Movement Speed selama 8 detik.

Dengan kerja sama tim yang baik, inisiasi team fight dari Helcurt ini bisa sangat memudahkan tim dalam menjatuhkan satu per satu hero lawan dan memenangi peperangan.


Natalia

Natalia, counter META Marksman Mobile Legends
Sumber: MLBB

Hero Assassin MLBB terakhir yang dipandang paling efisien untuk dijadikan inisiator team fight adalah Natalia. Terlebih, hero cantik nan mematikan ini sering dijadikan Roamer seperti Mathilda yang juga memiliki role Assassin, hal ini yang membuat dirinya sangat bisa diandalkan untuk memulai peperangan.

Dengan kemampuannya untuk tak terlihat (conceal) oleh tim lawan, baik menggunakan skill ultimate-nya, The Hunt, atau berdiam diri beberapa saat di-bush, penggunan Natalia yang mahir bisa dengan mudah menerobos lini belakang musuh dan menciduk core atau hero-hero ber-HP rendah dari tim lawan dalam waktu sekejap.

Jika hal tersebut berhasil dilakukan oleh Natalia dengan baik, hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi rekan satu timnya untuk menggempur lini depan lawan dengan peluang besar meraih kemenangan dalam team fight tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Global Ban Pick, apakah sudah cocok dipakai di MLBB?