Sudah menjadi rahasia umum bahwa ONIC Butsss punya hobi menonton drama Korea. Entah berapa kali dia mengunggah IG Story tentang kekaguman akan suatu judul, bahkan ada tier list drakor terbaik versinya.

Di balik hobi itu, Butsss bisa dianggap sebagai salah satu pemain terbaik MLBB saat ini. Ia berada dalam puncak performanya dalam beberapa musim terakhir, dan selalu dianggap salah satu EXP laner paling spesial yang ada.

Sumber: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Dia mungkin satu-satunya pemain tier S saat ini yang punya hobi lain dari pada yang lain. Namun, hobi nonton drakor itu ternyata bisa berpengaruh besar pada permainannya.

Menarik untuk mengetahui bagaimana ONIC Butsss yang tentu sibuk dengan keseharian sebagai pro player, masih punya waktu menghabiskan ratusan judul drakor. Apalagi prestasinya bersama ONIC Esports tak main-main.

Ending drakor bisa pengaruhi performa ONIC Butsss

Pada saat diwawancarai di Empetalk bersama Jonathan Liandi, ONIC Butsss membicarakan beberapa hal unik terkait kecintaannya kepada drama Korea.

Ia mengaku bahwa drakor yang bagus akan sangat memengaruhi performanya dalam bermain MLBB, terutama di scene kompetitif. Hal sebaliknya pun bisa terjadi, jika ending dari drakor tak sesuai harapan.

“Saya sebelum turnamen penting harus nonton Drakor yang bagus. Itu bikin saya good mood parah. Karena sempat kejadian di season 8, terlepas dari hasilnya bagus kami juara, saya dapat drakor yang sad ending. Saya kepikiran sampai besoknya,” ungkapnya.



“Tidak sampai pertandingan, tapi saat latihannya masih kepikiran kenapa sampai seperti itu endingnya. Soalnya sejak gabung ONIC saya sudah suka nonton drakor.”

Butsss, ONIC Butsss, ONIC Esports, M4, MLBB, Mobile Legends
Kredit: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

“Rutinitas dan ritual saya selama tiga tahun. Setelah latihan itu harus nonton. Kalau kalah sih tidak nonton dulu, pusing-pusing,” papar dia.

Berapa lama ONIC Butsss nonton drakor dan apa yang terbaik?

Pada momen yang berbeda, ONE Esports sempat mewawancarai Butsss di Kamboja pada event MSC 2023 lalu. Dia menceritakan hal lain soal kegilaannya akan drakor.

Ia mengakui bahwa drakor yang ditonton sudah tak terhitung. Melihat drakor normal minimal ada 12 episode dengan per episode-nya menghabiskan satu jam, bisa dibayangkan waktu yang dikeluarkan pemain asal Bandung itu untuk menonton Korea.

Reply 1988
Sumber: Reply 1988

Tak hanya membicarakan kebiasaannya, tapi Butsss juga mengungkapkan tiga drakor terbaik sepanjang masa menurut dirinya.

“Sudah tak terhitung drakor yang saya tonton. Karena itu sudah jadi rutinitas jadi nonton terus. Buat refreshing juga kan cape kalau latihan terus,” jelas dia eksklusif.

Hospital Playlist
Sumber: Hospital Playlist

“Kelar latihan jam 11 malam, setelah itu nonton drakor sampai jam 2 atau 3 pagi, jadi sekitar 3 sampai 4 jam sehari.”

“3 drakor favorit saya adalah Reply 1988, Alchemy of Soul, dan Hospital Playlist,” pungkas pemain bernama asli Muhammad Satrya Sanubari itu.

Ikuti akun resmi ONE Esports di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: Eksklusif: Koleksi action figure anime Wise bikin iri!