Karya terbaru dari Christopher Nolan kini menjadi topik pembicaraan para pecinta film, namun ada baiknya kalian mengetahui lima fakta menarik Oppenheimer sebelum menonton film tersebut.

Seperti yang kita tahu, Nolan selalu berhasil menyuguhkan karya menakjubkan setiap kali ia menciptakan sebuah film. Tak heran jika Oppenheimer langsung menjadi film yang sangat ditunggu-tunggu setelah pertama kali diumumkan.

Mereka yang beruntung bisa menyaksikan screenings beberapa hari lalu memberikan respon luar biasa, salah satunya penulis script film kawakan Paul Schrader yang mengatakan jika Oppenheimer adalah salah satu film terpenting di abad ini.

Untuk memahami betapa luar biasanya karya terbaru Christopher Nolan, berikut lima fakta menarik Oppenheimer yang harus kalian ketahui.



5 fakta menarik Oppenheimer


Christopher Nolan mendapat inspirasi dari aktor yang tidak terlibat dalam pembuatan film Oppenheimer

5 fakta menarik Oppenheimer
Kredit: Universal Pictures

Sebuah karya tidak akan tercipta tanpa adanya inspirasi, begitu juga dengan film Oppenheimer. Namun yang mengejutkan adalah inspirasi tersebut ternyata datang dari seorang aktor yang tidak masuk dalam jajaran pemain.

Dalam sebuah interview bersama Tara Hitchcock, Nolan mengungkapkan jika Robert Pattinson berperan besar dalam pembuatan Oppenheimer. Ketika aktor tersebut menjalani produksi film Tenet, ia memberikan buku yang berisikan pidato Oppenheimer di tahun 1950.

Dari pidato tersebut Christopher Nolan mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah film yang kini menjadi fokus utama para pegiat film.


Film terpanjang Christopher Nolan

Kredit: Universal Pictures

Fakta menarik Oppenheimer selanjutnya adalah pemecahan rekor film Christopher Nolan terpanjang, mengalahkan karya sebelumnya yang berjudul Interstellar.

Film tentang biografi tokoh yang dijuluki Bapak Bom Atom ini memiliki panjang script sebanyak 180 halaman, sedangkan film itu sendiri memiliki durasi selama tiga jam.

Durasi tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang film Interstellar dengan panjang durasi selama dua jam 49 menit.


Budget produksi tembus Rp1,4 triliun

Kredit: Universal Pictures

Tim produksi tidak main-main soal membuat film Oppenheimer, mereka mendatangkan sejumlah aktor kelas dunia seperti Cillian Murphy, Robert Downey Jr, dan Emily Blunt.

Tentu saja jasa aktor dan aktris tersebut tidak murah, produksi film Oppenheimer dikonfirmasi memakan biasa sebesar US$100 juta, atau setara dengan Rp1,4 miliar.


Adegan pertemuan Einstein dan Oppenheimer benar terjadi di dunia nyata

Kredit: Universal Pictures

Pada video trailer kita melihat sebuah perbincangan singkat antara Oppenheimer dan Albert Einstein, namun apakah momen pertemuan dua fisikawan terkenal ini benar penah terjadi?

Nyatanya Oppenheimer dan Albert Einstein memang pernah bertemu. Dilansir dari Screenrant, Oppenheimer pernah berdiskusi dengan Einstein saat mengajar di Cal Tech pada tahun 1932.

Kemudian dua fisikawan teoretis paling terkenal dalam sejarah tersebut menjadi teman dekat selama 10 tahun terakhir menjelang kematian Einstein.


Adegan ledakan nuklir tidak dibuat melalui rekayasa komputer

Kredit: Universal Pictures

Tentu saja film tentang Bapak Bom Atom tidak akan lengkap tanpa adegan ledakan bom atom itu sendiri, dan itulah yang juga ditampilkan pada film Oppenheimer.

Namun yang menarik adalah adegan tersebut tidak dibuat dengan komputer atau teknologi CGI. Nolan menjelaskan jika hal tersebut merupakan salah satu tantangan terbesar pada pembuatan filmnya.

“Saya pikir membuat ulang uji Trinity [peledakan senjata nuklir pertama, di New Mexico] tanpa menggunakan grafik komputer, merupakan tantangan besar yang harus dihadapi,” jelas Nolan, dilansir dari Gamesradar.


Ikuti akun resmi ONE Esports di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA: GG! The Super Mario Bros Movie jadi film adaptasi game dengan tersukses